Sistem Rem Pada Isuzu Giga

Sistem Rem Pada Isuzu Giga – Pelanggan setia Isuzu yang berbahagia, kali ini saya ingin berbagai informasi mengenai Sistem Rem Pada Isuzu Giga. Agar kepercayaan pelanggan pada Produk Isuzu Giga kian meningkat dan Isuzu Giga menjadi pilihan tepat untuk sarana transportasi bisnis anda. Dan, Anda dapat membandingkan Sistem Rem dengan produk kompetitor.

Berikut ulasan mengenai Sistem Rem Pada Isuzu Giga :

I.

Keterangan :

  1. Air Compressor
  2. Air Compressor Governor
  3. Air Dryer
  4. Main Tank
  5. Primary Tank
  6. Secondary Tank
  7. Check Valve
  8. Dual Brake Valve
  9. Servo Unit Air Master
  10. Oil Reservoir Tank
  11. Wheel Cylinder
  12. Magnetic Valve
  13. Accesories
  14. Single Air Pressure Gauge
  15. Safety Valve
  16. Pressure Switch Primer
  17. Pressure Switch Secondary

II.

Semua F – Series (Giga) telah dilengkapi rem dengan air over hydraulic system (AOH). Fitur yang ditawarkan sistem ini antara lain :

  • Memiliki respon cepat dan mekanisme yang sederhana. Rem semacam ini telah umum digunakan pada light duty truck
  • Mengkombinasikan keuntungan dari full air brake dengan rem hidrolik.

Rem yang akurat dan ringan dioperasikan. Semua F-Series telah dilengkapi rem dengan air over hydraulic system (AOH).

III.

Sisi pedal rem ; menggunakan tekanan udara, oleh karena itu, pedal rem terasa lembut.

Sisi Brake shoe ; menggunakan tekanan hidrolis sehingga respon rem cepat.

Untuk mencegah problem rem, sirkuit rem dipisahkan dalam dua sistem. Sehinggah jika terjadi problem pada salah satu rem, sirkuit yang lain masih dapat bekerja.

  • Menggunakan rem tromol yang disetel secara manual (manual adjuster)
  • Untuk rear axle, diameter wheel cylinder axle bagian depan dan bagian belakang adalah “sama”, sehinggah mudah untuk melakukan perawatan (apabila perlu penggantian part).
  • Menggunakan pedal rem suspended (hangging) type, sehinggah dapat dioperasikan semudah ketika mengoperasikan rem pada kendaraan penumpang.

 

 

IV.

Dilengkapi dengan air dryer model baru, berfungsi untuk menyerap kadar air, menghilangkan kelembaban udara yang akan digunakan pada sistem rem dan peralatan lainnya.

Menggunakan brake valve yang lebih compect dan mampu menghasilkan tekanan pengereman yang lebih optimal.

Sistem ini juga dilengkapi dengan governor untuk mengatur tekanan udara sistem,sekaligus dapat membersihkan filter dan membuang oli dan air melalui drain valve ke udara bebas secara otomatis.

 

 

 

V.

SERVO UNIT

Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan tenaga pengeraman dengan bantuan tekanan udara yang dihasilkan dari kompresor udara.

Keterangan : Servo unit untuk FRR

  1. Exhaust Port  3  Power Piston
  2. Hydraulic Piston  4  Power Spring

Keterangan : Servo unit untuk FTR / FVR / FVM / FVZ

  1. Check Valve  3  Return Spring
  2. Hydraulic piston  4  Power Piston

 

 

 

 

 

LSPV

Fungsi LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) berperan untuk mengatur tekanan hydraulic yang dikirim ke wheel cylinder belakang dalam merespon vareasi berat beban yang diterima oleh rear axle dengan men-sensor langkah rear spring untuk menentukan gaya pengereman yang diperlukan.

VI.

Sistem Rem Gas Buang

Semua model telah dilengkapi dengan sistem gas buang (exhaust brake system). Sehinggah, dalam kondisi tertentu, kecepatan kendaraan dapat diperlambat tanpa harus menginjak pedal rem.

Pada bagian dalam exhaust brake ini, terdapat exhaust brake valve yang dipasang pada exhaust pipe, dan valve ini akan menutup untuk menambah tahanan selama langkah buang (exhaust stroke), untuk meningkatkan efek pengereman oleh mesin (engine brake).

Pada Kendaraan Isuzu Giga, exhaust brake valve dioperasikan menggunakan tekanan udara, dan exhaust brake dikontrol secara elektronik untuk membuka dan menutup magnetic valve yang mengkontrol suplai tekanan udara ke exhaust brake valve. Engine control modul (ECM) akan mengaktifkan magnetic valve bila putaran mesin melebihi 575 rpm dan semua kondisi pengoperasian exhaust valve telah terpenuhi.

Dengan exhaust brake berdaya besar, sehinggah kecepatan kendaraan dapat diperlambat tanpa harus menginjak pedal rem.

VII.

Rem Tangan

Semua F-Series (Giga) menggunakan internal expanding type drum brake yang dioperasikan secara mekanis. Terdapat kabel kontrol yang dilewatkan ke dalam kabin kendaraan dimana kabel tersebut dihubungkan dengan tuas rem parkir.

Tersedia dua tipe, 216 mm dan 254 mm untuk kendaraan dengan GVW yang lebih besar.

 

 

 

Tersedia rem tangan sesuai model kedaraan. Sehinggah mampu bekerja sesuai kebutuhan dan kondisi muatan kendaraan.

 

Itulah sedikit ulasan mengenai Sistem Rem Pada Isuzu Giga, sekiranya dapat menambah pengetahuan dan kepercayaan terhadap produk Isuzu Giga.

Lihat juga, Promo Isuzu Giga Terbaru :

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s